Thursday, November 23, 2006

Self Confidence

Alias Pede, atau tepatnya menurut EYD: kepercayaan diri. Yang satu ini kayaknya udah jadi sesuatu yang maha penting buat orang zaman sekarang. Coba aja hitung berapa banyak seminar yang mengangkat topik seputar masalah ini. Terus, berapa banyak produk (jenis, merek) yang diiklankan mampu meningkatkan rasa Pede. Hmm. Apa iya ya sudah segitu parahnya krisis Pede yang terjadi, secara justru masih banyak tuh contoh over Pede. Misalnya kejadian berikut.

Lokasi: tempat fotokopi; peserta: gue baru selesai fotokopi, ada satu orang lagi baru selesai fotokopi juga, lagi nulis nulis; latar belakang: baru selesai fotokopi eh hujan turun. Gue tunggu sebentar deh sambil minum teh botol dan ngerokok, daripada basah kalau lari-lari ke mobil? Sembari berdiri gue ngeliat sekilas apa yang difotokopi sama dia, ternyata lamaran kerja. Terus, ngeliat gue lagi bengong aja, dia memulai percakapan.

Dia (D): Sori, boleh tanya nggak.
Gue (G): Ya?
D: Nulis “milyar” yang bener gimana ya?
G: Oh, itu M-I-L-Y-A-R.
D: Nggak pakai D?
G: Nggak usah. Bahasa Indonesia-nya yang bener ya itu.
D: Oh gitu, makasih ya.
G: Oke.

(Diem sebentar, dia sibuk sendiri)

D: Pak, mau tanya lagi nih
G: Boleh.
D: Ini kalau saya disuruh tempel alamat di “kiri atas” ini di sini ya? (Nunjuk posisi agak tengah-tengah amplop coklat)
G: Mmm, bukannya di sini ya. (Sambil nunjuk posisi “kiri atas”).
D: Iya juga ya. Makasih ya pak.
G: He eh.

(Diem lagi, dia nulis nulis. Penasaran, gue mulai percakapan)

G: Mas, sebenernya…
D: Iya? (karena gue panggil dia mulai terpecah perhatiannya).Waduh jadi salah nulis nih.
G: Oh, sori sori.
D: Yah, nggak apa deh. Cuma satu kok, masih ada yang lain. Kenapa tadi pak?
G: Mmm, kalau boleh tau sebenernya mau ngelamar di mana ya?
D: Ini ada lowongan untuk jadi Manajer BPR xxx. Kayaknya bagus nih. Syaratnya mesti S1 sih, padahal saya cuma D3. Nanti kalau sudah keterima saya terusin aja. Bisa dong?
G: Eh, iya bisa kali ya. Sebelumnya pernah kerja di mana?
D: Yah, sebenernya belum pernah sih pak. Ini baru mulai ngelamar.
G: Nggak nyari posisi lain?
D: Cari juga, tapi yang sesuai dengan pendidikan dong. Ini kayaknya paling cocok, saya kan dari manajemen.
G: Oh gitu, ya udah deh semoga sukses kalau gitu.
D: Makasih infonya pak, makin yakin nih buat ngelamar.
G: Iya.

Calon Manajer BPR? Ini dia, kepercayaan diri yang luar biasa. Belum pernah kerja, kualifikasi nggak sesuai dan kompetensi kelihatannya juga pas-pasan. Tapi tetep dong, maju terus! Gimana, masih mau bilang orang kita krisis Pede?

***

1 comment:

Mangaranap said...

Lucu (tapi sedih)..
good stuff!!!